Sifat dan Perilaku Seorang Bapak Teladan


Sifat dan Perilaku Seorang Bapak Teladan

Menhadap dan berdo;a kepada Allah setiap waktu, untuk meminta kebaikan anak keturunannya dan dirinya sendiri serta seluruh anggota keluarganya.

Memberikan teladan yang baik bagi anak-anaknya dalam hal perkataan dan peruatan. Dengan begitu, segala ucapan dan tindakannya akan mereka ikuti.

Sesekali bercanda, bercengkrama dan bersikap lemah lembut kepada si kecil. Sedang kepada anak-anaknya yang besar, sebaiknya ia perlakukan mereka sebagai teman.

Memelihara keselamatan keluarga dengan cara mengajak mereka untuk memuliakan hak-hak Allah, menjalankan semua perintah-Nya, menghindari segala larangan-Nya, dan menjaga batasan-batasan-Nya.

Tidak meninggalkan rumah selain untuk keperluan yang penting dan mendesak, selalu meluangkan waktu untuk keluarga, berbincang-bincang, mendidik dan menasehati mereka.

Menjaga keluarga agar terhindar dari pelbagai alat-alat yang melalaikan, dan membersihkan rumahnya dari segala hal yang tidak terhormat.

Mengawasi aqidah, akhlak, dan perilaku anak-anaknya di rumah, sekolah, dan di masyarakatnya sengan memilihkan teman dan melakukan pemantauan.

Memperhatikan umur masing-masing anak ketika hendak memberikan pengarahan kepada mereka. Yakni, agar cara yang digunakan tepat sasaran dan efektif.

Menghindarkan keluarga dari gaya hidup glamor (mengagungkan kemewahan duniawi). Pasalnya, hal seperti itu akan merusak akhlak, membawa pada kenistaan, dan acap kali menjerumuskan seseorang pada jurang kemaksiatan.

Menuntun anak-anaknya di waktu kacil agar menghafal ayat-ayat Qur’an, melarang mereka agar tidak meniru perilaku orang-orang kafir, orang-orang durhaka, dan mendandan dengan dandanan lawan jenis mereka.

Semoga bermanfaat
Segala puji bagi Allah yang memeliharaku,
menepiskan kebutaan dari hatiku,
membimbingku, menolongku dengan kemuliaan dan meneguhkan hatiku.
Amiiiiiinnn…….

About penyuX

Simple and Ra NeKo - nEkO.......! Engkau ingin mencapai kemuliaan dengan mudah Tentu saja engkau harus merasakan sengatan lebah Maka bersegeralah sebelum engkau tutup usiamu..! Dan ingatlah bahwa tidak ada kata untuk istirahat siang dan malam, Cepat dan bergegaslah, sebelum umurmu habis dan sebelum sejarah dicatat! Tidak ada yang abadi bersama siang dan malam. Jangan katakan : anak muda masih panjang jalanya Renungkanlah,berapa banyak anak muda yang telah kau kubur.

Posted on Oktober 7, 2011, in Kata Hati, Motivation and Inspiration, Public, Renungan, Teknologi Informasi, Tips-tips Sukses and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Silahkan Tinggalkan Pesan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: